| Tak Berkategori

Perawatan Sepatu dan Tas Kulit Sapi

Pada prinsipnya sama dengan kulit manusia, tas berbahan kulit asli juga butuh pelembap dan perawatan khusus supaya kondisinya dapat terjaga dengan baik sepanjang waktu. Tas berbahan kulit asli dapat “menua” seiring pergeseran waktu. Namun, dengan penjagaan yang baik, penuaan ini malah semakin mempertegas kecantikan dan kesan eksklusif dari tas berbahan kulit asli milikmu.

Efek penuaan tas ini dinamakan juga patinadan yang paling sering diburu oleh penggemar sejati tas berbahan kulit. Efek ini bersifat alami dan hanya akan muncul dari pemakaian tas dari waktu ke waktu.

Tas berbahan kulit asli dari hewani juga mengandung tingkat kelembapan dan minyak tertentu yang akan berangsur hilang dimakan usia. Tas berbahan kulit asli yang sering dipakai umumnya semakin cepat berkurang tingkat kelembapan dan minyaknya karena berpindah ke tangan pemakainya.

Jika unsur lembab dan minyak alami dalam tas kulit asli terlalu rendah, permukaan tas kulit asli akan menjadi RETAK dan PECAH. Oleh karena itu, penting sekali untuk terus menjaga keseimbangan unsur- unsur tersebut demi mencegah kerusakan permanen pada tas kulit asli.

Salah satu cara paling ampuh untuk memelihara tas kulit asli demi efek patina yang kekal dan unsur alami yang seimbang adalah dengan conditioning atau perawatan. Dengan conditioning yang benar, tas kulit asli kamu juga bisa terlindungi dari noda dan kotoran membandel.

Jenis2 Conditioner Yang bisa dipakai :

>>> Leather Balm from Exotic Leather by Hema <<<

Kelebihan menggunakan leather balm ini adalah:

  • Bisa digunakan untuk semua warna kulit, vinyl dan karet.
  • Tidak merubah warna asli 
  • Mencegah jamur 
  • Melemaskan dan melembabkan kulit
  • Tahan terhadap air
  • Melindungi dari terkena sinar matahari langsung
  • Bisa mengangkat noda” yg menempel di kulit
  • Tidak berbau setelah diaplikasikan
  • Ramah lingkungan

Cara mengaplikasikan cukup oleskan secara merata wax dengan sikat atau kain bersih dan lembut, setelah itu tunggu beberapa menit hingga kering.

Rawat secara Berkala

Lakukan perawatan ini secara berkala, setidaknya 3-4 kali dalam setahun. Jika tas kulit sering kamu gunakan untuk kegiatan di luar yang sering terpapar sinar matahari, lakukan conditioning setidaknya sebulan sekali.

Selain conditioning, sebenarnya tas kulit asli tidak memerlukan perawatan yang rumit. Akan tetapi, tentunya kamu juga perlu membersihkan tas kulit kamu secara berkala.

Perhatikan bagian lain dari tas, seperti kancing, gesper, atau gantungan tali yang biasanya terbuat dari bahan metal. Bersihkan dengan kain lap secara menyeluruh.

Keringkan tas dengan kain biasa.

Jika tas kulit asli terkena noda, segera bersihkan dengan kain dan air hangat atau dengan leather balm. Gunakan pembersih bahan kulit dalam jumlah kecil untuk membantu mengenyahkan noda.

Jika tas kulit terkena air hujan atau basah, segera lap dengan kain kering dan biarkan mongering secara alami. Hindari pengeringan dengan alat bantu listrik, seperti radiator atau blow dryer rambut sebab merusak kualitas kulit.

 

Cara-cara Menyimpan Tas Berbahan Kulit Asli

Simpan tas kulit di tempat yang bersih dan kering. Gunakan dustbag yang biasa diberikan saat pembelian.

Isi tas dengan gumpalan kertas / koran bekas yang telah kamu padatkan sesuai ukuran tas. Hindari menggunakan koran bekas karena tintanya akan menodai bagian dalam tas.

Jika masih ada kotak asli dari pembelian, simpan tas dalam kotak tersebut beserta sebungkus silica geluntuk menyerap lembab.

Untuk mencegah jamur, keluarkan tas sekurang-kurangnya sekali sebulan agar udara bisa masuk.

 

Tips-tips Lain untuk Perawatan Terbaik bagi Tas Kulit

Hindari menggunakan tas kulit yang sama dalam jangka waktu terlalu lama. Ganti penampilan tas kamu untuk “mengistirahatkan” tas kulit supaya semakin awet.

Hindari tas kulit dari sumber api atau panas untuk menjaga warna dan pigmen asli dari bahan tas tersebut.

Suhu yang terlalu dingin juga akan mengakibatkan tas berbahan kulit asli menjadi rapuh dan retak.